KHOTBAH SEKOLAH MINGGU TGL. 15.05.2011. Yohannes 16:16-23

Banyak muzijat, perumpamaan-perumpamaan yang di berikan oleh Yesus kepada manusia supaya manusia dapat mengenal, bersekutu / beribadah dan mau melakukan kehendak Allah. Hingga Yesus rela di caci, dihina dan di salibkan untuk mewujudkan kehendah Allah. Tetapi manusia masih teta saja masih tidak juga sadar akan perkataan serta pengorbanan Yesus bahkan murid-murid Yesus sendiri susah untuk mengerti akan perkataan Yesus walaupun sudah mengikuti Yesus kemana Yesus pergi. Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena murid-murid Yesus tidak mengigat ( lupa) akan perkataan Yesus. Tetapi ketika kejadian itu betul-betul terjadi maka mereka mengingat perkataan Yesus. Salah satu contoh, Petrus yang Menyangkal Tuhan Yesus. Matius 26:31-35

31 Maka berkatalah Yesus kepada mereka: "Malam ini kamu semua akan tergoncang imanmu karena Aku. Sebab ada tertulis: Aku akan membunuh gembala dan kawanan domba itu akan tercerai-berai.
32 Akan tetapi sesudah Aku bangkit, Aku akan mendahului kamu ke Galilea."
33 Petrus menjawab-Nya: "Biarpun mereka semua tergoncang imannya karena Engkau, aku sekali-kali tidak."
34 Yesus berkata kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya malam ini, sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali."
35 Kata Petrus kepada-Nya: "Sekalipun aku harus mati bersama-sama Engkau, aku takkan menyangkal Engkau." Semua murid yang lain pun berkata demikian juga.

Petrus menyangkal Yesus. Matius 26 : 69-73

26:69 Sementara itu Petrus duduk di luar di halaman. Maka datanglah seorang hamba perempuan kepadanya, katanya: "Engkau juga selalu bersama-sama dengan Yesus, orang Galilea itu."
26:70 Tetapi ia menyangkalnya di depan semua orang, katanya: "Aku tidak tahu, apa yang engkau maksud."
26:71 Ketika ia pergi ke pintu gerbang, seorang hamba lain melihat dia dan berkata kepada orang-orang yang ada di situ: "Orang ini bersama-sama dengan Yesus, orang Nazaret itu."
26:72 Dan ia menyangkalnya pula dengan bersumpah: "Aku tidak kenal orang itu."
26:73 Tidak lama kemudian orang-orang yang ada di situ datang kepada Petrus dan berkata: "Pasti engkau juga salah seorang dari mereka, itu nyata dari bahasamu."
26:74 Maka mulailah Petrus mengutuk dan bersumpah: "Aku tidak kenal orang itu." Dan pada saat itu berkokoklah ayam.
26:75 Maka teringatlah Petrus akan apa yang dikatakan Yesus kepadanya: "Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali." Lalu ia pergi ke luar dan menangis dengan sedihnya.

Begitu jugalah dalam nas ini ayat 16"Tinggal sesaat saja dan kamu tidak melihat Aku lagi dan tinggal sesaat saja pula dan kamu akan melihat Aku." Murid-murid Yesus tidak mengerti akan perkataan tersebut walaupun sudah sering di perkatakan Yesus tetapi mereka tidak juga mengerti dan mengingat akan perkataan Yesus bahwa ayat 17. Yesus akan pergi kepada Bapa.
Untuk itu mari kita ingat selalu akan pengorbanan Yesus bagi kita serta mintak petunjuk untuk mengerti akan Firmanya. Mari bersama-sama dengan membuat motto sekolah minggu yaitu 3M MEMBACA, MENGINGAT dan MELAKUKAN firma Tuhan

Apa yang mau di tuntun nas ini kepada kita ?
1. Ingatlah selalu akan pengorbanan, atau perjuangan keras orang tua bagai mana orang tua kita memenuhi kebutuhan kita setiap hari mulai kita balita hingga kita besar. Kenapa orang tua kita mau melakukan itu semua bagi kita. Mari jawab dalam hatimu.
2. Lakukan apa yang di perintahkan oleh orang tua karna orang tua tidak pernah menginginkan anaknya berlaku tidak baik
3. Tunduk dan taatlah selalu akan orang tua Efesus 6 : 1-3 Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Ayat 2 Hormatilah ayahmu dan ibumu -- ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: ayat 3 supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.

Itulah yang jadi tujuan utama hidup kita yang perlu kita prioritaskan dalam kehidupan kita sehari-hari. MEMBACA, MENGINGAT dan MELAKUKAN firman Tuhan. Ingat JANGAN PERNAH MENYIA- NYIAKAN PENGORBANAN YESUS supaya kita selalu beroleh suka cita.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KHOTBAH SEKOLAH MINGGU TGL 24.06.2012. Mat 5:1-12

KOTBAH SEKOLAH MINGGU TGL 02.09.2012 Yoh 5:1-18

KHOTBAH SEKOLAH MINGGU TGL. 08.07.2012 Kej. 22: 1-19