KHOTBAH SEKOLAH MINGGU 06.03.2011. Keluaran 24:12-18

Adek-adek bagai mana kita memahami kehadiaran Allah bagi kita. Mari kita lihat

kotbah saat ini tentang Musa yang naik ke Gunung Sinai. Allah membuka diri supaya anak-anak, orang dewasa, bapak-bapak, ibu-ibu semua manusia tahu isi hati-Nya yaitu supaya semua manusia diselamatkan dan ia rela memberikan anakNya yang tunggal Tuhan kita, Tuhan Yesus Kristus mati di atas kayu salib. Kasih Alla merindukan semua manusia kembali kepada-Nya dan masuk ke dalam kerajaan-Nya, karenanya Ia mau semua orang mengerti isi hati-Nya, dan itulah sebabnya Allah memberikan LOH BATU yaitu HUKUM DAN PERINTAH ALLAH, Allah memilih Musa karna ia mau setia senantiasa melayani Tuhan.
Bagaimanakita mengerti hati Allah adek-ade?
1. Membangun hubunga dengan Allah. Waktu Allah berfirman kepada Musa naiklah menghadap Aku Ayat 12 Musa segera mengerjakannya, tampa berdalih atau mencari alasan lain. Ia beda dari yang pertama di panggil Allah. Sebab ia sadar membangun hubungan dengan Tuhan itu sangat penting. Kita pun demikian, yaitu harus membangun hubungan dengan Tuhan, sebab ini merupakan langkah awal untuk mengerti isi hati-Nya. Bagaimana kita bisa mengerti isi hati Tuhan? Nah pertanyaan ini sangat sering di tannyaka anak-pada ketika saya mengajar di horong Besar. Jawabanya sangatlah mudah tiggal bagai mana adek-adek mau melakukannya.
Langkah pertama Berdoalah selalu sebelum dan sesudah melakukan aktivitas
Langkah ke dua Membaca Firman Tuhan
Langkah ke tiga Bertindak mau melakukanya apa yang di firmankan oleh Tuhan
Jadi sudah jelaskan kita harus membangun hubungan kita selalu baik pada saudara, kaka, abang adek apalagi pada orang tua paling utama lo karna ALLAH YANG NAMPAK BAGI KITA ADALAH ORANG TUA KITA.
2. Hidup dalam kebenaran-Nya dengan menjaga kekudusan. Itulah yang dilakukan oleh Musa ketika ia membawa orang Israel keluar dari tanah Mesin walaupun banyak tantangan yang di hadapi dia yaitu tentang sifat-sifar orang Israel yang selalu bersungut –sungut namun ia selalu setia dan selalu memjaga kekudusannya dengan Allah. Dalam Yohannes 15 :4
Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.
Bagai mana supaya kita dibenarkan oleh Allah.
a. Membuang kebiasaan kebiasaan buruk kita yaitu
o Dulunya pemalas jadi anak yang rajin
o Dulunya pembohong jadi seorang yang jujur
o Dulunya suka berantam jadi seorang anak yang penyabar dll
b. Memelihara Firman Allah senantiasa dalam hati dan pikiran serta menjadikannya penuntun kita
c. Menaati perintah-perintah-Nya, tinggal dalam kasih-Nya dan saling mengasihi
d. Menjaga kebersihan hati melalui Firman Allah, menolak segala dosa
Dengan demikian adek-adek mari kita ubah hidup kita dengan meneladani Musa yang mau membangun hubunganny dengan baik pada Allah serta ia hidup dalam kebenaran Allah mari kita mengimaninya. Ibrani 11: 6 Tetapi tampa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barang siapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya, bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang-orang yang sungguh-sunggu mencari Dia.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KHOTBAH SEKOLAH MINGGU TGL 24.06.2012. Mat 5:1-12

KOTBAH SEKOLAH MINGGU TGL 02.09.2012 Yoh 5:1-18

KHOTBAH SEKOLAH MINGGU TGL. 08.07.2012 Kej. 22: 1-19