Jumat, 15 April 2011

KHOTBAH SEKOLAH MINGGU TGL. 17.04.2011. Yohannes 12 : 12-19

Kedatangan Yesus ke-Yerusalem disambut denga meriah karena nama Yesus sudah tak asing lagi bagi Yerusalem dimana mereka telah mengetahui banyak hal keajaiban, kebaikan yang Yesus sampaikan kepada mereka serta melihat tanda-tanda muzijat yang dibuat oleh Yesus kepada mereka bahkan yang lebih menarik lagi Lazarus serta kawan-wanya yang ikut serta menyambut kedatangan Yesus, Dimana kita sudah tahu bagaimana cerita Lazarus yang sudah meninggal selama 4 hari bisa dibangkitkan/ hidup kembali di buat oleh Yesus. Hal inilah yang membuat mereka senang dan gembira menyambut kedatangan Yesus.
Begitu mereka mendengar bahwa Yesus sedang di tengah jalan menuju Yerusalem mereka langsung bersuka cita dan mempersiapakan daun-daun palem dalam penyambutan Yesus.Ketika Yesus tiba mereka mengambil daun-daun palem, dan pergi menyongsong Dia sambil berseru-seru: "Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel!" Orang-orang menghamparkan pakaian di jalan ketika Yesus lewat dengan maksud bahwa mereka tunduk, taat dan setia kepada Yesus. Yesus berkata Jangan takut, hai puteri Sion, lihatlah, Rajamu datang, duduk di atas seekor anak keledai. Mula-mula murid-murid Yesus tidak mengerti akan hal itu, tetapi sesudah Yesus dimuliakan, teringatlah mereka, bahwa nas itu mengenai Dia, dan bahwa mereka telah melakukannya juga untuk Dia. Sebab itu orang banyak itu pergi menyongsong Dia, karena mereka mendengar, bahwa Ia yang membuat mujizat itu, tetapi disana Yesus tidak lagi membuat muzijat melihat ramenya orang- orang yang menyambut Yesus maka kata orang-orang Farisi seorang kepada yang lain: "Kamu lihat sendiri, bahwa kamu sama sekali tidak berhasil, lihatlah, seluruh dunia datang mengikuti Dia.
Para imam-imam kepala dan orang-orang Farisi sangat taku dan mereka memanggil Mahkamah Agama untuk berkumpul dan mereka berkata, “Apa yang harus kita lakukan? Sebab Orang itu membuat banyak muzijat. Apabila kita biarkan Dia, maka semua orang akan percaya kepada-Nya dan orang-orang Roma akan datang dan akan merampas tempat suci kita serta bangsa kita. Mereka mencari Yesus. Imam-imam kepala dan orang-orang Farisi telah memberikan perintah supaya setiap orang yang tahu di mana Yesus berada memberitahukannya, agar mereka dapat menangkap Yesus (Yoh 11:45-57). Mengapa orang-orang Farisi dan para pemuka Yahudi begitu membenci Yesus sehingga berniat untuk membunuh-Nya? Karena Mukjizat-mukjizat yang dibuat Yesus dan kebenaran-kebenaran yang diajarkan-Nya melembutkan hati orang dan menarik orang untuk lebih dekat lagi pada Allah. Yesus mengajarkan agar orang-orang yang dikasihi-Nya itu memahami bahwa Allah telah datang untuk menyelamatkan mereka.
Bagaimana dengan adek-adek Apakah sudah betul-betul percaya atau mesti menunggu muzijat dulu baru percaya? Yang perlu kita ketahui adalah, bahwa Allah tidak pernah meninggalkan kita. Ia akan tetap mencurahkan rahmat dan kuasa-Nya pada kita. Ia akan menemui kita di manapun kita berada dengan penuh kelemah-lembutan dan cintakasih. Serta Yesus berkata bawa Ia akan datang ke-2 kalinya Yohanes 14:28 Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku. Nah untuk itu adek-adek sambil menunggu kedatangan Yesus yang ke-2 kalinya mari tunjukkan sifat-sifat yang sudah mengenal Yesus dengan berlaku baik kepada siapapun, Tunjukkan bagai mana sikapmu segai anak-anak Allah kepada orang tua, sebagai murid yang baik terhadap guru, sebagai kakak atau abang yang baik kepada adek, sebagai tamu yang baik dirumah orang lain. Janganlah pernah menyerah serta bersungut-sungut menolong orang lain. Tuhan berkati

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar