KHOTBAH SEKOLAH MINGGU ZHAKARIA 8:7-8, TGL 19 DES 2010

Zakharia 8 : 7 – 8



7 Beginilah firman TUHAN semesta alam: Sesungguhnya, Aku menyelamatkan umat-Ku dari tempat terbitnya matahari sampai kepada tempat terbenamnya,
8 dan Aku akan membawa mereka pulang, supaya mereka diam di tengah-tengah Yerusalem. Maka mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allah mereka dalam kesetiaan dan kebenaran.
Nah adek sebelum kita masuk ke khotbah kita ketahui dulu kisah Zakharia.
Zakharia adalah seorang imam yang setia kepada Allah. Zakharia mempunyai istri yaitu Elisabet mereka adalah pasangan suamis istri yg harmonis Lukas 1:6 Keduanya adalah benar di hadapan Allah dan hidup menurut segala perintah dan ketetapan Tuhan dengan tidak bercacat.
Apa keteladanan mereka yg mereka perbuat adek2
Hidup Zakaria dan Elizabeth menyenangkan Tuhan. Mereka berserah pada kehendak Tuhan dan taat pada Firman Tuhan. Dan mereka melakukan itu “dihadapan Tuhan,” yaitu hanya meninggikan Tuhan saja tanpa memamerkannya dihadapan orang lain. Disitulah mereka berbeda dari sebagian besar kaum mereka. Mereka bahkan tidak peduli hal yang bisa mereka dapat dari status mereka. Mereka hidup didesa kecil diperbukitan selatan Yerusalem, sementara imam lainnya tinggal didaerah elit dikota. Kesederhanaan mereka bukanlah untuk pamer, itu hasil dari hubungan dengan Tuhan. Mereka lebih peduli terhadap apa yang dipikirkan Tuhan daripada manusia
Adek2 walaupun mereka dekat dengan Tuhan bukan berarti mereka tidak mempunyai masalah. Nah masalahnya apa adek2
Elisabet istrinya adalah wanita mandul, sehingga mereka tak memiliki anak. Tetapi walaupun begitu, mereka tetap melayani dan hidup menurut segala ketetapan Tuhan.
Ketika hari itu Gabriel, atas perintah Tuhan, menampakkan diri kepada
Zakharia, ada beberapa hal yang menarik:
1. Gabriel mengatakan bahwa Tuhan mengabulkan doa Zakharia: istrinya akan melahirkan seorang anak! Kita tidak tahu sudah berapa lama Zakharia berdoa untuk hal ini. Dan kita juga tidak tahu apakah Zakharia masih mendoakannya ketika Gabriel menemuinya. Logika kita mengatakan bahwa kemungkinan besar Zakharia sudah berhenti berdoa karena dia dan istri sudah lanjut umur, sudah tua. Usia yang sudah lanjut umur tidak memungkinkan untuk mengandung, lagipula istrinya mandul. Kemungkinan besar juga bahwa Zakharia sudah melupakan doa-doanya itu! Zakharia malah tidak percaya ketika Gabriel mengatakan bahwa istrinya akan melahirkan!
• Lukas 1:18 Lalu kata Zakharia kepada malaikat itu: "Bagaimanakah aku tahu, bahwa hal ini akan terjadi? Sebab aku sudah tua dan isteriku sudah lanjut umurnya."
• 1:19 Jawab malaikat itu kepadanya: "Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu.
• 1:20 Sesungguhnya engkau akan menjadi bisu dan tidak dapat berkata-kata sampai kepada hari, di mana semuanya ini terjadi, karena engkau tidak percaya akan perkataanku yang akan nyata kebenarannya pada waktunya
Pada akhirnya Bapa memberikan seorang anak! Pasangan suami istri ini memang memperolehnya setelah puluhan tahun dari awal mulai berdoa, tetapi hal yang paling penting adalah: Tuhan menjawab doa mereka!
2. Selama ini sudah terbukti bahwa Elisabet mandul, dan sudah nyata bahwa mereka tak memiliki keturunan, semua tetangga dan kerabat mereka sudah mengetahui hal itu! Tetapi hal itu tak mengurangi kesungguhan mereka dalam pengikutan akan Tuhan! Zakharia dan Elisabet tetap saling setia dan melayani Tuhan di Bait-Nya
3. Kemandulan dan lanjut umur ternyata tak menghalangi mereka memperoleh anak dari Tuhan! Dalam pandangan manusia, pasangan ini benar-benar tak memiliki harapan untuk memperoleh keturunan. Semua dapat berubah atas kehendak Tuhan, tak ada yang mustahil bagi-Nya!
Adek2, begitu juga halnya dengan kehidupan kita:
- Sudah berapa lama Adek berdoa? Sudah cukup lama tapi belum menerima jawaban? Atau mungkin adek sudah mulai bosan mendoakan hal itu? Selama isi doa Adek tidak melanggar Firman Tuhan, maka sesunguhnya tida ada doa yang sia-sia! Teruslah berdoa., sampai Adek2 memperoleh hasilnya! Kapan? Ketika waktu Tuhan tiba! Firman Tuhan tak pernah mengatakan bahwa kita harus berdoa sampai batas waktu tertentu, tetapi kita harus berdoa dengan tak jemu-jemu sampai sesuatu terjadi Lukas 18:7 Tidakkah Allah akan membenarkan orang-orang pilihan-Nya yang siang malam berseru kepada-Nya? Dan adakah Ia mengulur-ulur waktu sebelum menolong mereka?
- Mungkin beban kehidupan Adek2 begitu berat! Dan mungkin hidup yang Adek jalani sekarang tidak sesuai dengan yg diharapkan! Atau mungkin orang-orang menganggap Adek2 begitu rendah! Saran saya, jangan Adek2 menjadi lemah karenanya! Tetaplah setia melayani Tuhan dan bersukacitalah (Filipi 4:4 Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!). Bapa di sorga mau dan sanggup mengubah hidup kita, bagian kita adalah tetap setia dalam mengikut DIA!
Nah adek2 begitulah janji Tuhan dalam khotbah kita saat ini Zakharai 8:7-7 Beginilah firman TUHAN semesta alam: Allah kita bahwa Sesungguhnya, Aku menyelamatkan umat-Ku dari tempat terbitnya matahari sampai kepada tempat terbenamnya, 8:8 dan Aku akan membawa mereka pulang, supaya mereka diam di tengah-tengah Yerusalem. Maka mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allah mereka dalam kesetiaan dan kebenaran.

Klo kita ingat adek2 mulai dari kejatuhan manusia kedalam dosa yaitu Adam dan Hawa, kisah tentang Air bah yg selamat Keluarga Nuh, Bangsa Israel meninggalkan Mesir, Runtuhnya kota Sodom dan Gomora, dan banyak lagi contah2 perbuatan manusia yg tidak berkenan di hati Allah tetapi Allah maha baik tidak mau memusnahkan umatnya yg mau setia melayani Allah, malah memberikan Anaknya yg tunggal yaitu Yesus Juru slamat kita yang mau berkorban demi kita. Yohannes 10:11-12 Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;
10:12 sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-beraikan domba-domba itu.

Adek2 marilah kita senantiasa setia mengikut Tuhan Yesus melayani orang tua, saudara, teman karna Allah sahabat yg sejati yg selalu menepati janji-Nya

Selamat Adven IV Tuhan berkati

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KHOTBAH SEKOLAH MINGGU TGL 24.06.2012. Mat 5:1-12

KOTBAH SEKOLAH MINGGU TGL 02.09.2012 Yoh 5:1-18

KHOTBAH SEKOLAH MINGGU TGL. 08.07.2012 Kej. 22: 1-19